Jumat, 25 Januari 2013

sejarah komputer


Sejarah pembuatan komputer bermula dari pembuatan kalkulator pada abad ke-17. Pada tahun 1936, ahli matematika dari Inggris Alan Turing, menghasilkan ide sebuah mesin yang dapat menghitung tanpa bantuan manusia. Secara teoritis, mesin ini adalah pendahulu komputer digital modern. Pada tahun 1940-an, John Von Neumann mengembangkan salah satu komputer pertama untuk menyelesaikan problem di bidang matematika, meteorology, ekonomi, dan hidrodinamik. Desain Von Neumann ini dinamai EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Komputer) dan menjadi desain komputer pertama yang memasukkan program di dalam memorinya.
Pada tahun 1945, John Mauchly, ahli fisika AS, dan John Presper Eckert, ahli tenik elektro AS, memperkenalkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Komputer) yang dianggap sebagai komputer digital pertama. ENIAC memenuhi ruangan lebih dari 167 m2 dengan berat lebih dari 27.000 kg. ENIAC sering difungsikan untuk kegiatan militer, seperti mendesain senjata atom. ENIAC membutuhkan lebih dari 18.000 tabung vakum.
Penemuan transistor pada tahun 1948 mendorong perkembangan di bidang komputer. Transistor menggantikan tabung vakum yang mahal dan boros energi. Pada akhir tahun 1960-an, IC (Integrated Circuit) yang berisi transistor-transistor mini dan komponen elektris lain di atas sebuah chip mengantikan transistor biasa di dalam komputer.
Pada tahun 1970-an, teknologi IC berhasil mengembangkan mikroprosesor modern yang di dalamnya terdapat ribuan transistor. Saat ini sebuah mikroprosesor bisa bersisi puluhan juta transistor mini di dalam sebuah chip berukuran tidak lebih dari 2x2 cm. teknologi IC dan mikroprosesor menjadikan komputer semakin kecil dan murah. Pada tahun 1975, diperkenalkan komputer pribadi atau PC (Personal Computer). Perkembangan PC berlanjut dengan hadirnya tampilan video, alat penyimpanan lebih baik, serta mikroprosesor yang lebih hebat. Tampilan grafis pertama dibuat oleh perusahaan Xerox dan dikembangkan oleh perusahaan Apple dan Microsoft. Sejak tahun 1990-an, persahaan Intel mengembangkan mikroprosesor dengan merk Pentium dengan menggunakan MHz (mega hertz) dan GHz (giga hertz) sebagai patokan kecepatannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisZENisSmihKxDj-PWxVAGs-1Lq4zSOAWffMJmd3fmxsIo3tUHDVYvrnwA_vgyr7jArjj_Tn26UZ0xzAGXkYdnOpL2GkRNJ_idT-epu4m3hqzBcYa0H67FFB8vBvH74aPY94NpJqTMeD4/s320/EDVAC.jpg
EDVAC
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoTJu54zKEACEejBjGgCxy_hV7DyUds6b32vM2IE7k5Ssj4IPQExx65O0pd7LTl8lZPa6U-jbaT_Xnp93cwQue-41sKR4-UrlALpIPiRxJztZzCZNveGtSSm5RzBmhHu9xMoClJCyJqBI/s320/eniac.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzagUXhj-ayy3HaEGnVrMMDYLiyLwzs5N4bicfTS5ChePkTsws7qDzKLnoZ6lf_F1TwYphc25xmUAZAc08NN2JfIZ6Q-HxhY5v5YNtmGAFuDo695tI0JbWExdKcFojZL2wCnddv0cZZmY/s320/univac1.jpg

Sejarah computer

Pada tahun 1617 John Napiar dari Scotlandia menemukan cara menghitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom masing-msaing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama NAPIER’S BONES.

Tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.

Tahun 1642 Pascal seorang ahli matematika menciptakan mesin htung mekanis yang kemudian dikenal dengan PASCAL’S ARITHMETIC MACHINE. Alat hitung ini menggunakan alat sederhana yang berupa lempengan-lempengan bundar yang mempunyai angka 0 sampai 9. Alat ini digunakan dengan memutar lempengan yang berisi angka-angka tersebut.

Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz seorang Jerman menciptakan mesin hitung yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini kemudian dikenal dengan nama LEIBNITZ CALCULATION MACHINE.

Tahun 1812 seorang Perancis, yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu jenis mesin hitung yang dinakama BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin yang diciptakan Babbage ini telah menggunakan konsep yang ada pada komputer sekarang ini.

Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini adalah merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah komputer, sehingga Herman Hollerith dijuluki sebgai bapak komputer modern.

Tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan MARK-I dan boleh dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar